Organisasi

Organisasi secara umum diartikan sebagai sekelompok orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi perusahaan berskala kecil, bekerjasama melibatan beberapa orang saja yaitu pimpinan dengan beberapa orang karyawan yang akan dibagi tugas untuk mencapai tujuan perusahaan.
Secara Umum dapat disimpulkan unsur-unsur organisasi yaitu:
a.       Adanya sekelompok orang
b.      Kemungkinan adanya untuk saling bekerja sama, dan
c.       Adanya tujuan yang hendak dicapai.
 
Bentuk-bentuk struktur organisasi digolongkan atas tiga jenis yaitu;
 
a.    Organisasi Lini (Garis)
Sistem organisasi garis sangatlah sederhana dan banyak digunakan oleh perusahaan-peusahaan kecil. Selain itu organisasi garis mempunyai disiplin kerja yang lebih terjamin. Hal ini disebabkan bahwa sistem organisasi garis adalah kemungkinan timbulnya bahaya birokrasi yang ada.
 
b.    Organisasi Fungsional
Di dalam menyusun struktur organisasi ini bawahan tidak mempunyai pimpinan yang jelas karena setiap atasan memberi komando pada bawahannya sepanjang hubungan dengan fungsi atau bidang atasan tersebut. Keuntungan pada organisasi fungsional adalah keahlian bertambah besar sebagai akibat adanya pembagian kerja. Sedangkan kelemahannya adalah karyawan hanya mementingkan bidangnya saja.
 
c.    Organisasi Lini dan Staff
Sistem organisasi ini merupakan perpaduan dari kebaikan-kebaikan dari kedua sistem organisasi yang diatas. Organisasi ini diciptakan oleh Emerson. Dan untuk mencapai maksud itu dibentuk staff yang terdiri dari ahli-ahli dimana kedudukannya setingkat dengan puncak pimpinannya, setingkat dengan kabag atau dengan kata lain berada pada tingkatan kecuali tingkatan bawah yang tidak mempunyai staff.
Struktur organisasi diusahakan dapat menggambarkan suatu rangkaian dari tugas yang bertujuan agar supaya anggota yang ada didalamnya dapat bekerja sama dengan baik. Pembentukan struktur organisasi tersebut biasanya dipengaruhi oleh sifat dan jenis kegiatan usaha, ukuran dan faktor-faktor lain.

yang mempengaruhi kondisi perusahaan. Struktur organisasi yang telah ada merupakan dasar penyusunan kegiatan perusahaan. Struktur organisasi akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan kegiatan perusahaan serta tujuan pengawasan yang lebih efektif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s